Cara Pasang Submit Sitemap Blogger Blogspot Ke Webmaster Google

Kali ini saya ingin sharing tips ngeblog di Blogspot, yakni submit atau memasang Sitemap Blogger Blogspot ke Webmaster Google. Tapi sebelum masuk kelangkah-langkah submit Sitemap Blogspot, tidak ada salahnya kita bahas dulu manfaat dan apakah Sitemap.

Manfaat Sitemap

Manfaat submit Sitemap ke Webmaster Google ialah agar semua konten anda terdeteksi oleh Google. Perlu anda ketahui, setiap robot (bot) Google melakukan crawl (perayapan) kemudian indeks halaman-halaman berserta seluruh konten blog kita. Ada kemungkinan si Google tidak menemukan atau melewatkan konten (halaman, url dstnya) di blog kita. Para robot itu melewatkan sesuatu.

Itulah guna sebuah Sitemap, ia akan memberitahukan kepada si robot agar merayap (crawl) semua konten -- baik yang telah ter-crawl maupun yang belum -- sehingga tidak ada yang ketinggalan, terlewatkan juga yang tidak berhasil ditemukan si robot.

Jadi si Sitemap memastikan bahwa Google mengetahui seluruh halaman dari blog atau website kita, tanpa terkecuali. Dengan kata lain, Sitemap membantu proses crawl (perayapan) dan juga proses indeks. Sitemap menggunakan bahasa XML, dengan huruf besar S dibagian awal, berisi daftar halaman-halaman blog milik kita.

Secara spesifik sebuah Sitemap amat berguna untuk jenis website atau blog seperti:
  • Website atau blog yang memiliki konten dinamis.
  • Website atau blog yang memiliki halaman yang tidak mudah ditemukan oleh Googlebot (Robot Google) saat terjadi proses perayapan, contohnya seperti halaman yang kaya akan konten AJAX juga gambar-gambar. 
  • Website atau blog baru yang hanya memilki sedikit tautan balik (backlink). Karena untuk blog seperti ini, perayapan Google mengikuti tautan dari satu halaman ke halaman lainnya, jadi jika sebuah website tidak memiliki struktur tautan baik, maka akan sulit bagi para robot menemukannya.
  • Blog dan website yang memiliki konten arsip halaman yang banyak, namun tidak tertaut dengan baik, antara satu halaman dengan lainnya tidak bertaut, jenis ini juga memerlukan Sitemap.

Kesimpulan

Di karenakan para robot Google umumnya tidak akan merayap (crawl) atau indeks semua URL saat pertama. Karenanya, Google menggunakan data didalam Sitemap untuk pelajari struktur website atau blog kita, efeknya akan meningkatkan jadwal proses perayapan dan melakukan perayapan lebih baik di masa nanti. Dalam banyak kasus, blogger dan webmaster mendapat manfaat dari aktifitas submit Sitemap ini, jadi Sitemap sangat berguna untuk proses perayapan dan membantu Google lebih kenal dengan website / blog kita.

Jadi Sitemap ada kaitannya dengan SEO, seperti juga Breadcrumb di Blogspot, meskipun berbeda porsi.

Dan satu lagi, Sitemap berbeda dengan Site Map yang pernah saya posting sebelumnya. Meskipun keduanya sama-sama menampilkan daftar isi blog, namun target mereka yang beda. Jika Sitemap ditujukan untuk robot mesin pencari saat melakukan perayapan. Sedangkan Site Map untuk pengunjung dan pembaca blog (manusia), saat bertandang, guna membantu mereka mendapati artikel yang mereka butuhkan. Untuk pasang Site Map di Blogger Blogspot.

Sekarang mari kita langsung menuju ke langkah-langkah submit Sitemap ke Webmaster Google.

1. Login ke Google Webmaster.
2. Dan daftarkan website atau blog kamu disana.
2. Kemudian verifikasi dengan mengikuti langkah yang telah disediakan. (Lewat langkah 1 dan 2 jika anda telah melakukannya).
3. Sekarang anda klik menu Peta Situs (Sitemap) yang berada di sidebar kiri layar, lalu klik tombol merah bertuliskan Tambahkan Peta Situs. Lihat gambar-gambar berikut:


Sitemap

Submite Sitemap

4. Setelah itu masukan ke empat url atom.xml berikut:
  1. atom.xml?redirect=false
  2. atom.xml?redirect=false&start-index=1001&max-results=500
  3. atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500
  4. atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

5. Masukan semua url atom.xml diatas secara bergantian, jangan tertinggal satupun. Masukan semuanya. Dan janngan lupa klik tombol biru bertuliskan Mengirim Peta Situs seperti pada gambar berikut.

Submit Sitemap 2

Setelah semua url atom xml terpasang, maka beberapa saat kemudian anda akan dapati laporan seperti gambar berikut ini.

Laporan Sitemap Blogger

Itulah cara pasang dan submit Sitemap Blogger Blogspot di situs Webmaster Google, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari info ini. Dan terima kasih untuk kunjungannya.

Bagikan ke

300x250
© 2013 Oke Cekidot - All Rights Reserved
Powered by Blogger
Back to Top